10 Penyebab Perut Kembung Disertai Nyeri Punggung

By | Maret 7, 2018

10 Penyebab Perut Kembung Disertai Nyeri Punggung,-

10 Penyebab Perut Kembung Disertai Nyeri Punggung


Kembung terjadi saat perut terisi dengan udara atau gas. Hal ini bisa membuat perut Anda tampak lebih besar dan terasa kencang atau sulit disentuh. Hal ini juga dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman dan nyeri, dan nyerinya sampai pada punggung.

Bagian belakang dapat berfungsi sebagai pendukung dan sistem stabilisasi pada tubuh. Bisa jadi karena pernah atau sering mengalami cedera dan ketegangan, jadi sangat memungkinkan anda merasakan sakit punggung bersamaan dengan perut kembung. Rasa sakit dapat bervariasi dalam tingkat keparahan dan jenisnya.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab perut kembung dan nyeri punggung.

1. Haid

Menstruasi terjadi saat rahim menumpahkan lapisannya sebulan sekali. Beberapa rasa sakit, kram, dan ketidaknyamanan selama menstruasi merupakan kondisi yang normal.

2. Sindrom pramenstruasi (PMS)

Premenstrual syndrome (PMS) adalah suatu kondisi yang mempengaruhi emosi, kesehatan fisik, dan perilaku wanita selama hari-hari tertentu dari siklus menstruasi, umumnya sebelum menstruasi.

3. Endometriosis

Gejala endometriosis sangatlah bervariasi. Beberapa wanita mengalami gejala ringan, namun ada juga yang memiliki gejala sedang sampai parah. Biasanya gejala yang paling ringan akan mengalami sakit perut dan sakit punggung.

4. Kehamilan

Beberapa tanda awal awal kehamilan termasuk kelelahan, mual, payudara bengkak, dan sembelit. Beberapa wanita mungkin juga mengalami kram dan pendarahan ringan.

5. Batu empedu

Banyak orang memiliki batu empedu dan tidak pernah mengetahuinya. Batu empedu adalah endapan keras di kantong empedu Anda, organ kecil yang menyimpan empedu, yang merupakan cairan pencernaan yang dibuat di hati.

6. Batu ginjal

Batu ginjal biasanya berasal dari ginjal Anda, tapi bisa berkembang di sepanjang saluran kemih Anda.

7. Infeksi saluran kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih (ISK) dapat terjadi pada bagian saluran kemih manapun. Bakteri menyebabkan sebagian besar ISK.

8. Kista ovarium

Terkadang, kantung berisi cairan yang disebut kista akan berkembang di salah satu ovarium. Banyak wanita akan mengembangkan setidaknya satu kista selama masa hidup mereka.

9. Kehamilan ektopik

Dalam kasus kehamilan ektopik, sel telur yang dibuahi tidak menempel pada rahim. Sebagai gantinya, ia mungkin menempel pada tuba falopi, rongga perut, atau leher rahim. Ini bisa menjadi darurat medis.

10. Polio

Polio (juga dikenal sebagai poliomielitis) adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem saraf.

Penyebab perut kembung dan nyeri punggung mungkin bergantung pada gejala mana yang datang lebih dulu. Anda juga bisa lebih mengetahui apa penyebab sebenarnya perut kembung dan nyeri punggung di bawah ini.


Lalu, apa yang menyebabkan sebenarnya perut kembung?

Perut kembung biasanya disebabkan oleh gas dan udara di saluran cerna. Ketika tubuh Anda memecah makanan yang tidak tercerna, gas terbentuk di saluran pencernaan, dari kerongkongan sampai usus besar. Udarapun akan lebih mudah untuk tertelan. Mungkin inilah beberapa kebiasaan yang serin dilakukan tanpa disadari ;

  • makan atau minum terlalu cepat
  • mengunyah permen karet
  • merokok
  • memakai gigi palsu yang longgar

Penyebab lainnya perut kembung dan nyeri punggung bisa disebabkan oleh infeksi atau penyakit kronis lainnya. Kondisi ini bisa meliputi:

  • asites, penumpukan cairan di perut
  • tumor kanker, seperti karsinoma ovarium
  • pankreatitis kronis atau kanker pankreas
  • penyakit hati
  • infeksi saluran pencernaan, obstruksi, atau perforasi

Bagaimana perut kembung dan sakit punggung diobati?

Perawatan untuk perut kembung dan sakit punggung tergantung pada penyebab gejala Anda. Mengelola perut kembung dan sakit punggung bisa dilakukan oleh anda

Sebagian besar perut kembung dan sakit punggung akan sembuh dengan sendirinya, tapi ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengatasi ketidaknyamanan.

Berikt adalah beberapa tips untuk mengurangi perut kembung yang disertai nyeri punggung ;

  • Minum banyak air putih.
  • Mengkonsumsi obat antasida, tetes simetrik, atau enzim pencernaan.
  • Minumlah sedikit minuman berkarbonasi.
  • Hindari makanan yang bisa menyebabkan gas, seperti makanan yang mengandung karbohidrat, kacang kering, produk susu dengan laktosa, fruktosa tinggi, dan makanan bertepung.
  • Menyeimbangkan asupan makanan yang mengandung serat larut, karena mencerna serat larut di dalam usus besar akan menyebabkan gas.

Namun, beberapa makanan tertentu juga bisa mempengaruhi seseorang mengalami perut kembung. Karena setiap orang memiliki sistem metabolisme tubuh yang berbeda-beda.

Pengobatan untuk nyeri punggung:

  • Menggunakan es akan membantu meringankan sakit punggung dan ketidaknyamanan serta akan mengembalikan punggung. Dengan menggunakan es dapat membantu meminimalkan gejala nyeri punggung.
  • Pijatan juga akan berfungsi sebagai pengobatan komplementer untuk nyeri punggung. Dengan melakukan pijatan, mungkin juga akan memberikan bantuan ekstra untuk untuk perut kembung.
  • Olahraga dan postur tubuh yang baik dapat membantu mengurangi nyeri punggung dan mungkin bermanfaat untuk kembung juga.

Selain menghindari makanan yang diketahui dapat menyebabkan perut kembung dan nyeri punggung, ada perubahan gaya hidup lain yang bisa mencegah gejala tersebuit, diantaranya :

  • Minum banyak air putih, karena akan sangat membantu mengurangi sembelit.
  • Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang yang akan memperbaiki sistem pencernaan dalam tubuh.
  • Makan dengan porsi yang normal tanpa mengurangi kebutuhan dan juga rajin berolahraga secara teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *