3 Biji Mengandung Antiinflamasi

By | Februari 17, 2018

3 Biji Mengandung Antiinflamasi,-

Sebelum kita mengetahui apa saja biji yang mengandung sifat antiinflamasi yang tinggi ini, kita akan membahas dulu tentang apa itu antiinflamasi. Simak sampai selesai.

Inflamasi merupakan respon tubuh secara biologis yang menandakan adanya bahaya kompleks dalam tubuh. Inflamasi dapat berupa rusaknya suatu jaringan sel kulit atau iritasi. Untuk itu, perlu sekali melakukan pencegahan terhadap inflamasi tersebut untuk menyembuhkan yang mengenai jaringan.

Dalam sehari-hari kita selalu dihadapkan dengan makanan yang sangat lezat dan menggugah sensasi untuk ingin segera mencobanya. Tetapi harus dibandingkan dengan makanan yang bisa merevolusi kesehatan Anda. Sayangnya, banyak makanan yang dipilih adalah karena makanan tersebut murah dan mudah untuk dibeli tanpa melihat kandungan kesehatannya bagi tubuh.

Nah, jika menurunkan peradangan dan mencapai kesehatan yang optimal adalah prioritas, makanan mana yang akan Anda beli? Memilih buah dan sayuran memang merupakan jalan terbaik untuk mengatasi masalah dalam kesehatan. Anda juga bisa menggantinya dengan biji-bijian yang memiliki kandungan yang begitu luar biasa.

Biji-biji padat anti-inflamasi ini sangat mendukung kesehatan dan mudah ditemukan. Jika Anda ingin memperbaiki kesehatan Anda dan beralih ke diet anti-inflamasi, benih ini layak untuk dikonsumsi dan dijadikan makanan pendamping sebagai penyeimbang kesehatan.

1. Biji rami

Biji rami adalah biji coklat atau emas kecil, dan merupakan sumber terbaik dari lemak omega-3 berbasis nabati. Lemak omega-3 adalah asam lemak esensial yang berperan penting dalam mengurangi peradangan di tubuh.

Biji rami merupakan sumber lignan yang luar biasa, atau fitokimia yang memiliki sifat antioksidan, memberi serat, dan membantu menyeimbangkan hormon. Biji rami juga bisa dengan mudah ditambahkan ke bubur, smoothies, salad, dan makanan panggang.

Bagi anda yang suka dengan biji rami dan telah memiliki stok di rumah, sebaiknya anda simpan dalam wadah gelap dan tertutup di lemari es dan selama waktu 7-10 hari.

2. Biji Chia

Mirip dengan biji rami, biji chia juga merupakan sumber fenomenal lemak omega-3, anti-inflamasi, namun merupakan sumber serat yang lebih kaya. (Mereka mengandung 11 gram serat hanya dalam 3 sendok makan). Benih Chia juga menyediakan protein lengkap dan mineral penting seperti kalsium dan zat besi.

Tidak seperti rami, biji chia tidak perlu digiling untuk menikmati nutrisinya. Benih Chia bisa diolah secara langsung untuk bisa menikmatinya. Anda bisa membuat puding dengan menggunakan bahan utamanya biji chia dengan tambahan santan, mungkin akan menambahkan cita rasa gurih didalamnya.

3. Ceri

Ceri mungkin tidak termasuk ke dalam biji-bijian di atas, namun ceri mengandung sifat antiinflamasi yang tinggi. Tak hanya buahnya yang sedikit menggoda, buah ini juga sangat baik untuk dikonsumsi dengan makanan sehat lainnya. Sifat antiinflamasi yang tinggi tersebut dapat mengatasi peradangan pada tubuh dengan cukup signifikan.

Anda bisa mengolah makanan di atas dengan menarik seperti di bawah ini ;

  • Smoothies

Smoothie dengan supersatu adalah cara mudah untuk menambahkan serat, protein, mineral, dan asam lemak esensial pada pagi hari. Anda bisa menggunakan biji-bijian di atas untuk dijadikan bahan-bahan di dalam menu  sarapan anda.

  • Sup

Anda juga bisa mencoba membuat sup dengan bahan biji-bijian di atas agar kandungan protein di dalamnya tidak hilang begitu saja. Sebaiknya sup disajikan atau dikonsumsi dalam keadaan hangat dan dikonsumsi ketika musim hujan atau suhu dingin.

Intinya semua biji-bijan di atas dikemas dengan nutrisi pendukung kesehatan, dan bisa digunakan dengan cara yang menarik. Ingatlah bahwa asam lemak esensial bersifat lembut dan sangat menyehatkan bagi pertumbuhan badan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *