7 Manfaat Madu Yang Mengejutkan

By | Februari 26, 2018

7 Manfaat Madu Yang Mengejutkan,-

7 Manfaat Madu Yang Mengejutkan


7 Manfaat Madu Yang Mengejutkan

Sejak zaman kuno, madu telah digunakan baik sebagai makanan ataupun obat-obatan. Madu sangat tinggi dengan senyawa tanaman yang sangat bermanfaat khususnya untuk kesehatan.

Madu sangat sehat dan bisa menjadi pengganti gula alami dan bisa menjadi bahan pelengkap setiap makanan.

Inilah 10 manfaat kesehatan madu yang didukung oleh sains.

1. Madu Mengandung Banyak Nutrisi

Madu adalah cairan manis dan kental yang dibuat oleh lebah madu. Lebah mengerumuni lingkungan mereka dan mengumpulkan nektar bunga yang kaya gula. Kemudian di dalam sarang lebah, mereka berulang kali mengkonsumsi, mencerna dan memuntahkan nektar.

Madu merupakan salah satu makanan dengan memiliki kandungan senyawa tanaman bioaktif dan antioksidan. Jika madu terlihat lebih gelap cenderung lebih tinggi dari senyawa ini daripada jenis yang lebih ringan. Madu yang kental, cairan manisnya dibuat oleh lebah madu.

2. Madu Kaya akan Antioksidan

Madu berkualitas tinggi mengandung banyak antioksidan penting. Termasuk fenol, enzim dan senyawa seperti flavonoid dan asam organik. Ilmuwan percaya bahwa itu adalah kombinasi dari senyawa dalam madu dan membuat antioksidan dalam madu sangat tinggi.

Antioksidan telah dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, stroke dan beberapa jenis kanker dan juga sangat bagus untuk kesehatan mata.

3. Madu Tidak Menyebabkan Diabetes

Madu dapat membantu beberapa faktor risiko yang umum terjadi pada penderita diabetes. Misalnya, menurunkan kolesterol LDL, trigliserida dan pembengkakan, serta meningkatkan kolesterol HDL.

4. Madu Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah merupakan faktor risiko penyakit jantung yang penting, dan madu bisa membantu menurunkannya. Ini karena mengandung senyawa antioksidan yang telah dikaitkan dengan efek penurun tekanan darah.

Studi pada kedua tikus dan manusia telah menunjukkan pengurangan tekanan darah sederhana dari mengkonsumsi madu. Mengkonsumsi madu dapat menyebabkan pengurangan tekanan darah sederhana, yang merupakan faktor risiko penting untuk penyakit jantung.

5. Madu Dapat Menurunkan Trigliserida

Trigliserida darah yang meningkat merupakan faktor risiko utama penyakit jantung lainnya. Mereka juga merupakan tanda kunci resistensi insulin, pendorong utama diabetes tipe 2.

Tingkat trigliserida cenderung meningkat pada makanan yang tinggi gula dan karbohidrat olahan. Menariknya, beberapa penelitian telah menghubungkan konsumsi madu secara teratur dengan kadar trigliserida rendah, terutama bila digunakan untuk menggantikan gula.

Sebagai contoh, satu studi yang membandingkan madu dan gula menemukan kadar trigliserida 11-19% di dalam madu.

6. Antioksidan Yang Tinggi Baik Untuk Kesehatan Jantung

Sekali lagi, madu adalah sumber kaya fenol dan senyawa antioksidan lainnya. Banyak dari ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Mereka dapat membantu arteri di jantung melebar, meningkatkan aliran darah ke jantung. Mereka juga dapat membantu mencegah pembentukan bekuan darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

7. Madu Bisa Mengatasi Batuk Pada Anak

Batuk merupakan masalah umum bagi anak-anak dengan infeksi saluran pernapasan bagian atas. Hal ini dapat mempengaruhi tidur dan kualitas hidup, baik untuk anak-anak maupun orang tua mereka.

Namun, obat utama untuk batuk tidak selalu efektif dan bisa memiliki efek samping. Menariknya, madu bisa jadi pilihan yang lebih baik. Bukti menunjukkan bahwa ini sangat efektif.

Satu studi menemukan bahwa obat ini bekerja lebih baik daripada dua obat batuk biasa. Studi lain menemukan bahwa hal itu mengurangi gejala batuk dan memperbaiki tidur bahkan lebih banyak daripada obat batuk.

Meskipun demikian, tidak boleh diberikan pada anak di bawah usia 1 tahun, karena risiko botulisme. Untuk anak di atas usia satu tahun, madu bisa menjadi penangkal batuk alami dan aman. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa obat ini bahkan lebih efektif daripada obat batuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *