Apakah Memakai Masker Dapat Mencegah Flu?

By | Maret 3, 2018

Apakah Memakai Masker Dapat Mencegah Flu,- Orang yang terkena flu disarankan tinggal di rumah untuk memulihkan kondisinya untuk menghindari penyebaran virus ke orang lain. Organisasi kesehatan mengingatkan masyarakat akan pentingnya mencuci tangan secara teratur dengan air hangat dan sabun.

Apakah kamu juga sering mengenakan masker agar tidak terhindar dari serangan virus berbahaya yang bisa menyebabkan flu?

Pada sebagian orang mengenakan maker memanglah sangat penting demi menjaa dari berbagai virus yang telah berkeliaran di lingkungan sekitar. Sekarang juga telah banyak jenis masker yang bisa digunakan. Ada yang hanya sekali pakai atau yang terbuat dari kain yang bisa dicuci kemudian bisa dipakai lagi.


Apakah Memakai Masker Dapat Mencegah Flu?

Bagaimana pandangan mengenakan makser menurut para ahli kesehatan?

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan tidak yakin apakah memakai masker itu efektif dalam mencegah penyebaran virus atau tidak. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa masker bisa membantu dalam mencegah penyebaran virus.

Pertama, sebuah penelitian pada tahun 2008 yang diterbitkan dalam International Journal of Infectious Diseases menyimpulkan bahwa bila digunakan dengan benar, masker sangat efektif dalam mencegah penyebaran infeksi virus.

Studi lain yang dipublikasikan di Annals of Internal Medicine melaporkan hasil yang serupa. Yang telah melakukan riset pada 400 orang yang terkena flu. Mereka telah menemukan bahwa anggota keluarga yang sering melakukan cuci tangan dan mengenakan masker setiap hari  mengurangi risiko terkena flu hingga 70 persen.

Penelitian lain juga telah menemukan hasil yang menjanjikan. Sebagai contoh, satu penelitian yang sejenis itu dilakukan oleh tim peneliti dari University of Michigan pada lebih dari 1.000 siswa yang tinggal di aula tempat tinggal.

Mereka menugaskan kepada siswa untuk membuat tiga kelompok, yaitu satu kelompok yang hanya memakai masker, satu kelompok yang mengenakan masker dan selalu mencuci tangan, dan satu kelompok yang tidak melakukan kedua hal itu. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang mengenakan masker dan selalu mencuci tangan dengan baik mengurangi risiko penyakit flu hingga 75 persen.

Meski begitu, penelitian tersebut menemukan tidak ada pengurangan gejala penggunaan masker sendiri. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan masker harus selalu dipasangkan dengan cuci tangan secara teratur.

Apakah kamu tahu jenis masker apa yang bisa digunakan untuk mencegah virus?

Jika Anda menginginkan untuk selalu mengenakan masker, untuk melindungi terhadap infeksi, ada dua jenismasker yang harus ketahui.

Masker yang cukup longgar atau masker sekali pakai disetujui oleh Administrasi Makanan dan Obat A.S. untuk digunakan sebagai alat kesehatan. Dokter, dokter gigi, dan perawat sering memakainya saat merawat pasien.

Masker ini mencegah tetesan besar cairan tubuh yang mungkin mengandung virus yang terlepas melalui hidung dan mulut. Facemask juga melindungi diri dari terpaan virus dari orang lain, seperti bersin dan batuk. Kelemahannya adalah masker ini tidak mencegah inhalasi kontaminan kecil dan udara.


Lalu, bagaimna cara yang paling efektif untuk mencegah virus

Berikut adalah beberapa panduan untuk memakai masker yang tepat:

  • Pakailah masker saat sedang ada didekat orang yang terkena flu dengan jarak 2 mete.
  • Gunakan tali yang benar-benar kuat agar masker tidak mudah lepas dari hidung, mulut, dan dagu.
  • Cobalah untuk tidak menyentuh masker lagi sampai Anda melepaskannya.
    Pakai masker sebelum mendekati orang lain jika Anda terkena flu.
  • Pertimbangkan untuk mengenakan masker di tempat yang ramai jika flu menyebar luas di komunitas Anda atau jika Anda berisiko tinggi mengalami komplikasi flu.
  • Setelah selesai memakai masker, buang dan cuci tangan.
  • Sebaiknya gunakan masker sekali pakai.
  • Intinya, pakai, atau tidak dipakai

Sebenarnya flu yang telah menyebar disekitar lingkungan bisa dicegah dengan berbagai cara yang sederhana, yaitu dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak lupa untuk selalu mencuci tangan dengan benardan bersih. Pencegahan merupakan metode terbaik untuk menjaga diri dari virus yang sangat menular ini. Penggunaan maskerpun bisa membantu untuk menghindarinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *