Berapa Banyak Waktu Istirahat Yang Ideal?

By | Maret 1, 2018

Berapa Banyak Waktu Istirahat Yang Ideal?,-

Berapa Banyak Waktu Istirahat Yang Ideal?

Tidur merupakan waktu istirahat yang sangat penting bagi kesehatan dan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi dalam setiap harinya. Namun, saat kesibukan datang, sering kali hal pertama dan yang menjadi utama ini bisa terbengkalai atau dikorbankan.

Hal ini sangat disayangkan karena tidur yang nyenyak sama pentingnya dengan kesehatan seperti mengkonsumsi makanan sehat atau berolahraga dengan cukup.

Untuk mengetahui mengapa tidur sangat penting bagi kesehatan dan seberapa banyak yang harus didapatkan pada setiap malamnya. Tidur lebih dari sekadar waktu bagi tubuh dan pikiran Anda untuk beristirahat. Sebenarnya, saat Anda sedang tidur, tubuh Anda sedang bekerja keras.

Selama masa ini, tubuh akan membangun kembali otot-otot yang telah Anda gunakan di siang hari dan membersihkan banyak plak dan limbah berbahaya yang diproduksi di otak. Ini adalah proses penting yang membuat pikiran dan tubuh Anda tetap berjalan dengan baik.

Pikiran Anda juga memproses dan menanggapi emosi dan pengalaman penting dari hari ke hari dan membuat mereka mengingat beberapa penyebab saat kita susah untuk melakukan aktivitas seperti istirahat ini.

Tidur juga penting untuk mengatur emosi. Kurang tidur hanya pada satu malam bisa meningkatkan respons emosional Anda terhadap perasaan negatif hingga 60%.

Belum lagi, kekurangan itu menyulitkan tubuh Anda untuk mengatur hal-hal penting seperti pengendalian nafsu makan, sistem kekebalan tubuh, fungsi metabolik dan kemampuan tubuh sehat untuk mempertahankan berat badan normal. Terakhir, tidur merupakan peran penting dalam mengatur ritme sirkadian atau jam internal.

Jam batin ini berjalan pada jadwal sekitar 24 jam dan mengatur kapan Anda merasa terjaga dan mengantuk. Ini juga dapat membantu untuk mengatur hal-hal seperti metabolisme, fungsi kekebalan dan pembengkakan.

Tidak tidur cukup lama, tidur pada waktu yang tidak biasa dalam sehari dan terpapar sinar terang di malam hari dapat membuang jam batin ini dan banyak proses yang diaturnya.

Pada setiap malamnya, tidak semua tidur tercipta sama. Tidak hanya penting untuk mendapatkan cukup setiap malam, tapi juga penting untuk mendapatkan tidur berkualitas yang baik.

Karena tidur merupakan kegiatan istirahat yang harus menjadi prioritas seseorang yang tidak boleh dilewatkan.


Berapa Banyak Waktu Istirahat Yang Ideal?

Rekomendasi resmi untuk durasi tidur dipecah menurut kelompok usia;

  • Orang dewasa yang lebih tua (65+) : 7-8 jam
  • Dewasa (18-64 tahun) : 7-9 jam
  • Remaja (14-17 tahun) : 8-10 jam
  • Anak sekolah (6-13 tahun) : 9-11 jam
  • Anak-anak prasekolah (3-5 tahun) : 10-13 jam
  • Balita (1-2 tahun) : 11-14 jam
  • Bayi (4-11 bulan) : 12-15 jam
  • Bayi baru lahir (0-3 bulan) : 14-17 jam

Namun, setiap orang membutuhkan istirahat kurang atau lebih dai waktu yang telah  direkomendasikan.

Kualitas Tidur

Kualitas tidur juga bisa berdampak pada seberapa banyak yang anda  butuhkan. Jika kualitas tidur Anda buruk, maka waktu tidur tersebut harus bisa dipertimbangkan.

Sebaliknya, jika Anda mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak, Anda mungkin bisa mengelola lebih baik. Banyak penelitian menemukan bahwa durasi tidur yang singkat, dan juga kualitas tidur yang buruk, akan mengakibatkan efek yang sangat berbahaya pada tubuh anda.

Tips Tidur Lebih Baik

Karena kualitas itu penting, usahakan memastikan Anda tidur lebih nyenyak sepanjang malam. Berikut adalah beberapa tips untuk memperbaiki tidur Anda:

  • Tidur pada waktu yang sama setiap malam membantu mengatur jam batin Anda.
  • Mengikuti jadwal tidur yang tidak teratur telah dikaitkan dengan kualitas tidur dan durasi yang buruk.
  • Buat rutinitas tidur yang menenangkan misalnya, mendengarkan musik yang menenangkan telah menunjukkan bisa membantu meningkatkan kualitas tidur pada kelompok tertentu.
  • Menciptakan lingkungan yang nyaman seperti tidur di ruangan yang sunyi dan gelap pada suhu yang nyaman dapat membantu tidur lebih nyenyak.
  • Terlalu aktif sebelum tidur, suhu ruangan yang sangat panas, atau di lingkungan yang bising dengan berbagai suara dikaitkan dengan tidur yang buruk.
  • Menghindari konsumsi kafein, alkohol, dan nikotin. Ketika jenis ini bisa membuat kualitas tidurmu menjadi sangat buruk dan akan mengganggu anda susah untuk tidur.
  • Kurangi penggunaan barang elektronik. Penggunaan telepon seluler dan elektronika yang berlebihan telah dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk. Bahkan paparan lampu ruangan terang sebelum tidur bisa berdampak negatif pada tidur Anda.
  • Rajin berolahraga akan membuat tidurmu lebih nyenyak dan membantu memperbaiki kualitas tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *