Fakta Tentang Penyakit Arthritis

By | April 16, 2018

Fakta Tentang Penyakit Arthritis,-Penyakit ini telah menjadi fenomena yang paling sering terjadi di kalangan masyarakat pada saat ini dan menyebabkan masalah yang sudah sewajarnya diperhatikan oleh kita. Dimulai dari faktor kebiasaan yang mempengaruhi tubuh menjadi tidak sehat lagi dan sebagainya sehingga tak jarang sendipun bisa mengalami beberapa hal sebagai resikonya.

Fakta Tentang Penyakit Arthritis


Fakta Tentang Penyakit Arthritis

Arthritis merupakan penyakit sendi yang telah umum terjadi dan bisa dirasakan oleh semua kalangan baik anak muda hingga dewasa.  Penyakit ini memiliki dua jenis yang bisa dibedakan dengan gejala yang dirasakan atau resikonya.

Berikut adalah penyakit arthritis atau peradangan sendi yang sering terjadi ;

Osteorthritis

Penyakit ini dapat mempengaruhi tulang rawan sendi yang saling bergesekan dan menimbulkan rasa sakit yang sangat luar biasa. Tak jarang membuat para penderitanya merasakan nyeri yang tak tertahankan pada bagian sendi yang mengalami gesekan tersebut.

Tulang rawan yang terdapat di bagian dalam tersebut menonjol ke bagian luar dalam tubuh. Penyakit ini sudah sangat sering kita dengar dan penderitanya selalu mengeluhkan pada bagian-bagian seperti sendi tangan, tulang belakang, lutut, pinggul.

Rheumatoid arthritis

Penyakit sendi ini menyebabkan tulang rawan mengalami patah dan biasa dialami oleh seseorang yang berusia 40 dan 50 tahun atau lansia. Disebabkan oleh pelindung pada bagian luar sendi dan sekitarnya mengalami peradangan yang menyebar ke sekitarnya sehingga sendi yang mengalami peradangan tersebut memiliki perubahan pada bentuk dan rasa sakit yang sangat luar biasa pada bagian sendinya.

Pada sebuah penelitian mengungkap bahwa arthritis sudah sangat banyak penderitanya dan faktanya sangat mencengangkan bahwa penderit yang paling banyak adalah wanita. Tak kalah mengkagetkan lagi ternyata anak-anak juga sudah banyak yang megalaminya.

Pada dasarnya nyeri sendi bisa dihindari dengan cara mengurangi beberapa risikonya baik itu yang disengaka atau yang tidak disengaja. Sebelum kita mengetahui beberapa hal yang merupakan risiko terjadinya masalah pada persendian, maka kita harus tau dulu beberapa gejala yang bisa dirasakan dan bisa kita lihat.

Berikut adalah beberapa gejala yang bisa timbul pada sendi yang mengalami masalah ;

  • Terdapat bengkak pada bagian sendi yang terkena penyakit arthritis
  • Rasa nyeri sendi meski tak melakukan gerakan
  • Peradangan pada bagian sendi dan sekitarnya
  • Ruang geraknya yang sangat terbatas
  • Timbul warna merah pada bagian sendi yang mengalami resiko

Tulang rawan pada bagian tubuh seseorang bisa terjadi karena mengalami peradangan dan meyebabkannya mengalami tingkat keparahan. Besar sekali pengaruh tulang rawan untuk melindungi sendi di sekitarnya. Gerakan pada sendi bisa terjadi karena adanya tulang rawan yang selalu bekerja dengan baik.

Namun ada hal lain yang seharusnya kita tau bahwa kerusakan pada tulang rawan mengalami tingkat keparahan dan bisa mengalami kerobekan. Lapisan tulangnya yang sangat licin dan keras pada bagian ujung tulang.

Rasa sakit yang disebabkan oleh infeksi atau adanya cedera yang dialami pada bagian sendi tersebut tidak bisa dihindari lagi dan menyebabkan sendi mengalami keauasan dalam waktu yang sangat lama. Infeksi ini bisa terjadi selama bertahun-tahun lamanya. Ini adalah penyebab nyeri sendi yang bernama osteoarthritis.

Sedangkan penyakit sendi yang dialami dan yang bernama rheumatoid arthritis ini terjadi karena sistem imun tubuh yang melemah dan radang sendi sangat muda menyerangnya. Lapisan kapsul sendi ini bisa kita temukan pada bagian sendi yang sering dikenal dengan membran sinovial. Membran ini mengalami pembengkakan dan akhirnya selalu merusak tulang rawan dan tulang disekitarnya di dalam sendi.

Ada lagi resiko pada arthritis yang bisa dialami oleh seseoran karena faktor tubuhnya yang sangat gemuk. Mengapa dengan orang yang gemuk?

Seseorang yang mengalami berat badan lebih bisa sangat beresiko mengalami arthritis dikarenakan orang yang gemuk  sangat banyak lemak dan cairan dalam tubuhnya sehingga menyebabkan sendi memiliki tugas yang melebihi batasannya yaitu harus menopang sejumlah bagian di dalam tubuh seseorang yang mengalami kelebihan berat badannya.

Nah, untuk itulah menjaga berat badan sangatlah penting untuk menunjang sendi kita lebih kuat lagi. Karena sendi juga bisa sangat efektif perihal tugasnya yang sangat berat, kita juga bisa mengurangi risikonya dengan berbagai hal seperti di bawah ini ;

  • Membatasi jumlah makanan yang sangat tinggi kandungan lemak dan karbihidratnya, sebaiknya jangan berlebihan lagi, karena mengkonsumsi makanan yang sangat timggi kandungan lemaknya akan menyebabkan seseorang terkena resiko nyeriu sendi lebih sering.
  • Melakukan olahraga secara teratur dan ringan. Ini adalah kunci untuk meningkatkabn kualitas sendi kita agar lebih kuat dan terjaga dengan sangat baik. Memelihara sendi untuk selalu sehat bisa dengan cara olahraga secara teratur dan melakukannya secara rutin.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi dan makanan yang memiliki vitamin yang bisa membuat sendi dan tulang semakin sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *