Ternyata Ini Bahaya Jika Tidur Terlalu Malam

By | April 14, 2018

Ternyata Ini Bahaya Jika Tidur Terlalu Malam,-

Tubuh manusia tidak sepenuhnya harus melakukan aktivitas selama 24 jam penuh. Tubuh manusia juga sangat memerlukan istirahat demi menjaga kesehatan dan kebugarannya. Dengan menggunakan waktu istirahat kita dengan cukup maka sebagian hak tubuh telah terpenuhi.

Manusia memerlukan waktu istirahat selama kurang lebih 8-9 jam dalam satu hari dan alangkah baiknya istirahat dilakukan pada waktu malam hari dibandingkan dengan waktu siang.

Ternyata Ini Bahaya Jika Tidur Terlalu Malam

Jangan Sepelekan Waktu Istirahatmu. .

Ternyata Ini Bahaya Jika Tidur Terlalu Malam

Lantas, bagaimana jika saat ini kebanyakan orang tidur terlalu larut malam? Apa berbahaya? Jelas ini sangatlah berbahaya karena akan menyebabkan banyak hal salah satunya yaitu masalah besar pada tubuh sesorang.

Dengan berbagai alasan misalnya belajar, menghafal, menuntaskan pekerjaan, dan lembur di kantor atau bahkan sengaja begadang hanya demi melihat sebuah acara di televisi atau chattingan dengan teman. Tentu ini telah menjadi problema di kalangan masyarakat kita yang terus saja terjadi.

Untuk itu saya akan mengingatkan kepada anda dengan tulisan berikut yang mewakilkan beberapa bahaya jika tidur terlalu larut malam. Apa saja? mari kita simak di bawah ini dengan seksama ;

Membuat badan menjadi lemas terus menerus

Waktu yang dipergunakan memang harus digunakan seefektif mungkin, dan jangan sampai anda menyalahkgunakan waktu yang seharusnya digunakan untuk istirahat. Tubuh sangat memerlukan istirahat untuk mengembalikan lagi energi untuk melakukan aktivitas di esok pagi. Jika anda tidur terlalu larut, tubuh akan terasa sangat lelah dan malas untuk mengerjakan suatu hal.

Konsentrasi menjadi berkurang

Otak manusia akan berfikir secara stabil jika sebelumnya anda melakukan istirahat dengan cukup. Konsentrasi penuh juga akan dirasakan oleh anda jika anda memenuhi kebutuhan istirahat tersebut. Sejatinya manusia yang tidur lebih awal mampu mengoptimalkan kembali memorinya dan memiliki daya ingat yang jauh lebih bagus dari pada seseorang yang tidur terlalu larut malam.

Bahkan keampuhan menalarpun akan mengalami penurunan secara drastis. Belum lagi, jika anda bangun kesiangan dan anda telat untuk pergi ke sekolah atau ke kampus mungkin semua materi yang telah anda simpan di memori otak akan membuyar sekaligus. Untuk itu, tidur lebih awal haruslah diprioritaskan dan selalu dilakukan agar anda tidak telat lagi bangun pagi.

Insomnia

Resiko mengalami insomniapun akan terjadi pada anda jika anda terus menerus istirahat dalam waktu terlalu larut malam. Tidur sekitar jam 11 ke atas akan membuat anda semakin kesulitan untuk segera istirahat.

Harus diperhatikan lagi, jika anda mengalami tubuh semakin segar ketika anda belum dalam keadaan istirahat sebaiknya waspadai ini karena bisa jadi ini adalah hal yang sangat buruk bagi anda. Tubuhpun akan sangat lemas jika anda tidur dalam waktu terlalu larut malam.

Kelebihan berat badan

Resiko berat badan lebihpun jangan anda hiraukan lagi jika anda terlalu sering tidur dalam waktu lewat jam 11 malam. Kebiasaan mengkonsumsi makanan setelah lewat jam 11 mungkin akan sering dilakukan. Maka dari itu berat andapun akan semakin melonjak dan terus mengalami kenaikan.

Bahkan, dalam sebuah study menyatakan bahwa orang yang tidur hanya sekitar 6 jam rata-rata mereka mengalami obesitas atau kelebihan berat badan dibandingkan dengan orang yang melakukan aktivitas dengan cukup atau teratur.

Sistem imun tubuh menurun

Kekebalan tubuhmu akan semakin menurun jika waktu istirahatmu sangat terbatas. Ada baiknya anda atur kembali waktu istirahatmu seefektif mungkin agar kondisi badanmu tetap baik dan selalu sehat. Penyebab sistem imun tubuh yang menurun ini karena  fungsi kekebalan tubuh berupa zat sitoksin yang diproduksinya menurun karena radikal bebas.

Sehingga bakteri atau virus akan dengan sangat leluasa menyerang tubuh anda dengan sangat mudah dan menyebabkan anda mudah terserang oleh berbagai jenis penyakit. Maka dari itu zat sitoksin ini sangatlah penting untuk menjaga tubuh anda tetap kuat dan sehat serta melindungi dari berbagai virus dan bakteri.

Menyebabkan penuaan dini

Kantung mata atau garis halus yang pada bagian bawah mata akan menghitam dan membuat wajah tidak cantik lagi. Telah banyak yang menjadi korbannya hanya karena tidur terlambat atau tidur terlalu larut malam. Tidur yang terlambat akan membuat tubuh anda semakin banyak memproduksi hormon kortisol yaitu hormon yang menyebabkan seseorang sering kali mengalami stress.

Tingginya kadar kortisol ini akan membuat anda memiliki efek yang sangat buruk pada bagian kulit anda. Kulit memiliki kolagen yang berfungsi untuk menjaga dan keelastisan dan kehalusan seluruh kulit anda. Bahkan kandungan kolagen ini bisa memulihkan kembali stamina seseorang dan kulit anda bisa terjaga dengan adanya kolagen tersebut.

Menjadi pelupa

Kondisi waktu yang sangat buruk dengan terganggunya masalah terhadap waktu istirahat anda yang sangat terbatas membuat anda menjadi seseorang yang sering lupa akan hal kecil. Salah satu contohnya adalah lupa menaruh kunci mobil, hp, atau halaman buku yang lupa tidak anda tandai akhir halaman yang telah dibaca.

Dengan cara memperbaiki pola tidur anda sampai normal, maka anda akan memperbaiki daya ingat anda kembali.

Meninggal secara mendadak

Meninggal secara mendadak bukan hal yang kecil lagi dan masalah yang seharusnya tidak boleh dianggap sepele. Dilansir dari sebuah penelitian di Inggris mereka yang mengurangi jam tidurnya dari tadinya 7 jam menjadi 5 jam banyak yang meninggal dengan beberapa sebab yang berbeda dan itu semua sangat berbeda dengan seseorang yang memiliki waktu istirahat dengan cukup.

Tidur lewat dari jam 11 malam akan menyebabkan tubuh anda terancam dengan bahaya risiko kematian dua kali lebih besar akibat penyakit kardiovaskuler. Bahaya ini mengalami kenaikan pada saat ini karena diduga banyak yang mendirikan perusahaan 24 jam nonstop.

Tidak sedikit perusahaan tersebut memaksakan para karyawannya untuk bekerja di waktu malam hari dan kebanyakan dari mereka tidak melakukan istirahat sebelumnya. Sekali lagi, waktu istirahat sangatlah dibutuhkan dan itu harus terpenuhi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *